aktivitas 10 kewirausahaan
Durasi: 8 Jam Pelajaran (JP)
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta didik mampu menyajikan projek makanan berbahan dasar ikan/ sayuran.
2. Peserta
didik mampu mempresentasikan hasil karya mereka dengan percaya diri.
3. Peserta
didik dapat bekerja sama dan aktif dalam kelompok untuk menyelesaikan projek.
Materi
dan Aktivitas
Pembukaan
(1 JP)
- Salam dan
Doa: Guru membuka pelajaran dengan salam dan doa
untuk memulai aktivitas belajar.
- Pengantar
Materi: Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
hari ini dan memberikan motivasi kepada peserta didik tentang pentingnya
inovasi dalam makanan sehat berbahan dasar ikan/ sayuran.
Aktivitas Inti
Diskusi Kelompok dan Perencanaan (2 JP)
- Guru membagi peserta didik bergabung
dengan kelompok sebelumnya
- Setiap kelompok mendiskusikan cara
mempersentasikan dari alat dan bahan, cara pengolahan makanan mereka di
kertas.
- Kelompok membuat pembagian tugas (bagian menulis alat dan bahan, menata makanan dll)
- 2. Persiapan dan Eksekusi Projek (4 JP)
- Pengumpulan produk:
Peserta didik mengumpulkan produk yang diperlukan sesuai dengan rencana
masing-masing kelompok. Tidak lupa logo juga di cetak untuk hidangan
mereka.
- Proses Pembuatan:
Setiap kelompok mulai menghias produk makanan mereka. Guru berkeliling
memberikan bimbingan dan solusi jika ada masalah.
- Penilaian Proses:
Guru menilai keaktifan dan kerja sama peserta didik selama proses
pembuatan, guru juga merasakan makanan yang siswa bawa untuk bahan
testimoni.
- Presentasi
dan Evaluasi (1 JP)
a. Setiap
kelompok mempresentasikan hasil karya mereka di depan kelas.
b. Kelompok
lain memberikan masukan dan pertanyaan.
c. Guru
memberikan penilaian (testimoni setelah mencicipi makanan siswa) dan feedback
terhadap presentasi dan produk makanan.
Penutup
(1 JP)
- Refleksi:
Peserta didik diajak untuk merefleksikan pengalaman mereka selama
kegiatan.
- Latihan Soal:
Guru memberikan soal latihan terkait inovasi dan nilai gizi dari makanan
berbahan dasar ikan/sayuran.
- Penutupan:
Guru menutup pelajaran
Refleksi
diri:
1. Apa
yang Anda pelajari tentang pentingnya inovasi dalam membuat makanan berbahan
dasar ikan dan sayuran?
2. Bagaimana
Anda menilai kemampuan kerja sama dalam kelompok Anda selama proses pembuatan
produk makanan?
3. Apa
tantangan terbesar yang Anda hadapi saat mempersiapkan dan mengeksekusi proyek
ini? Bagaimana Anda mengatasinya?
4. Bagaimana
perasaan Anda setelah mempresentasikan produk makanan Anda di depan kelas? Apa
yang dapat Anda tingkatkan untuk presentasi berikutnya?
5. Sebutkan
satu hal yang Anda anggap paling berharga dari pengalaman belajar hari ini dan
jelaskan alasannya.
Latihan
Soal
- Apa manfaat
utama dari mengonsumsi ikan dan sayuran bagi kesehatan?
- Jelaskan
langkah-langkah penting dalam mempersiapkan produk makanan sehat berbahan
dasar ikan dan sayuran!
- Bagaimana
cara mengemas produk makanan agar menarik dan higienis?
- Sebutkan tiga
ide kreatif untuk memasarkan produk makanan berbahan dasar ikan dan
sayuran!
Catatan: siswa membawa stiker logo, produk makanan yang akan di pamerkan, kemasan produk, piring/mangkuk, sendok.
Hari/Tanggal:
Kelas:
Tujuan Pembelajaran:
a. Peserta didik mampu menentukan produk
yang akan dipamerkan
b. Peserta didik mampu menyajikan hasil produk
Aspek yang dinilai:
Aspek |
Deskripsi |
Skor 1 |
Skor 2 |
Skor 3 |
Skor 4 |
Skor 5 |
Rasa |
Keseimbangan
dan kelezatan rasa yang dihasilkan. |
Rasa tidak enak
dan tidak seimbang. |
Rasa kurang
enak dan kurang seimbang. |
Rasa cukup enak
dan cukup seimbang. |
Rasa enak dan
seimbang. |
Rasa sangat
enak dan sangat seimbang. |
Tekstur |
Kesesuaian
tekstur dengan jenis makanan. |
Tekstur
sangat tidak sesuai. |
Tekstur
kurang sesuai. |
Tekstur
cukup sesuai. |
Tekstur
sesuai. |
Tekstur
sangat sesuai. |
Penampilan |
Estetika dan
daya tarik visual dari produk. |
Sangat tidak
menarik. |
Kurang menarik. |
Cukup menarik. |
Menarik. |
Sangat menarik. |
Inovasi/ Kreativitas |
Kreativitas
dalam penggunaan bahan atau penyajian. |
Sangat
tidak inovatif. |
Kurang
inovatif. |
Cukup
inovatif. |
Inovatif. |
Sangat
inovatif. |
Kebersihan |
Tingkat
kebersihan dalam penyajian dan penanganan produk. |
Sangat tidak
bersih. |
Kurang bersih. |
Cukup bersih. |
Bersih. |
Sangat bersih. |
Tabel Penilaian (total
skor tertinggi 25)
No |
Nama Kelompok |
Rasa |
Tekstur |
Penampilan |
Inovasi/ kreativitas |
Kebersihan |
Total Skor |
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
Singkawang, 20
November 2024
Ttd fasilitator
Komentar