aktivitas 10 kewirausahaan

 

Durasi: 8 Jam Pelajaran (JP)

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mampu menyajikan projek makanan berbahan dasar ikan/ sayuran.

2.      Peserta didik mampu mempresentasikan hasil karya mereka dengan percaya diri.

3.      Peserta didik dapat bekerja sama dan aktif dalam kelompok untuk menyelesaikan projek.

Materi dan Aktivitas

Pembukaan (1 JP)

  1. Salam dan Doa: Guru membuka pelajaran dengan salam dan doa untuk memulai aktivitas belajar.
  2. Pengantar Materi: Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini dan memberikan motivasi kepada peserta didik tentang pentingnya inovasi dalam makanan sehat berbahan dasar ikan/ sayuran.

Aktivitas Inti

Diskusi Kelompok dan Perencanaan (2 JP)

  1. Guru membagi peserta didik bergabung dengan kelompok sebelumnya
  2. Setiap kelompok mendiskusikan cara mempersentasikan dari alat dan bahan, cara pengolahan makanan mereka di kertas.
  3. Kelompok membuat pembagian tugas (bagian menulis alat dan bahan, menata makanan dll)

  1. 2. Persiapan dan Eksekusi Projek (4 JP)
      1. Pengumpulan produk: Peserta didik mengumpulkan produk  yang diperlukan sesuai dengan rencana masing-masing kelompok. Tidak lupa logo juga di cetak untuk hidangan mereka.
      2. Proses Pembuatan: Setiap kelompok mulai menghias produk makanan mereka. Guru berkeliling memberikan bimbingan dan solusi jika ada masalah.
      3. Penilaian Proses: Guru menilai keaktifan dan kerja sama peserta didik selama proses pembuatan, guru juga merasakan makanan yang siswa bawa untuk bahan testimoni.
    1. Presentasi dan Evaluasi (1 JP)

    a.       Setiap kelompok mempresentasikan hasil karya mereka di depan kelas.

    b.      Kelompok lain memberikan masukan dan pertanyaan.

    c.       Guru memberikan penilaian (testimoni setelah mencicipi makanan siswa) dan feedback terhadap presentasi dan produk makanan.

    Penutup (1 JP)

    1. Refleksi: Peserta didik diajak untuk merefleksikan pengalaman mereka selama kegiatan.
    2. Latihan Soal: Guru memberikan soal latihan terkait inovasi dan nilai gizi dari makanan berbahan dasar ikan/sayuran.
    3. Penutupan: Guru menutup pelajaran

     

    Refleksi diri:

    1.      Apa yang Anda pelajari tentang pentingnya inovasi dalam membuat makanan berbahan dasar ikan dan sayuran?

    2.      Bagaimana Anda menilai kemampuan kerja sama dalam kelompok Anda selama proses pembuatan produk makanan?

    3.      Apa tantangan terbesar yang Anda hadapi saat mempersiapkan dan mengeksekusi proyek ini? Bagaimana Anda mengatasinya?

    4.      Bagaimana perasaan Anda setelah mempresentasikan produk makanan Anda di depan kelas? Apa yang dapat Anda tingkatkan untuk presentasi berikutnya?

    5.      Sebutkan satu hal yang Anda anggap paling berharga dari pengalaman belajar hari ini dan jelaskan alasannya.

     

    Latihan Soal

    1. Apa manfaat utama dari mengonsumsi ikan dan sayuran bagi kesehatan?
    2. Jelaskan langkah-langkah penting dalam mempersiapkan produk makanan sehat berbahan dasar ikan dan sayuran!
    3. Bagaimana cara mengemas produk makanan agar menarik dan higienis?
    4. Sebutkan tiga ide kreatif untuk memasarkan produk makanan berbahan dasar ikan dan sayuran!

    Catatan: siswa membawa stiker logo, produk makanan yang akan di pamerkan, kemasan produk, piring/mangkuk, sendok. 



    Hari/Tanggal:

    Kelas:
    Tujuan Pembelajaran:

    a. Peserta didik mampu menentukan produk yang akan dipamerkan

    b. Peserta didik mampu menyajikan  hasil produk

    Aspek yang dinilai:

    Aspek

    Deskripsi

    Skor 1

    Skor 2

    Skor 3

    Skor 4

    Skor 5

    Rasa

    Keseimbangan dan kelezatan rasa yang dihasilkan.

    Rasa tidak enak dan tidak seimbang.

    Rasa kurang enak dan kurang seimbang.

    Rasa cukup enak dan cukup seimbang.

    Rasa enak dan seimbang.

    Rasa sangat enak dan sangat seimbang.

    Tekstur

    Kesesuaian tekstur dengan jenis makanan.

    Tekstur sangat tidak sesuai.

    Tekstur kurang sesuai.

    Tekstur cukup sesuai.

    Tekstur sesuai.

    Tekstur sangat sesuai.

    Penampilan

    Estetika dan daya tarik visual dari produk.

    Sangat tidak menarik.

    Kurang menarik.

    Cukup menarik.

    Menarik.

    Sangat menarik.

    Inovasi/

    Kreativitas

    Kreativitas dalam penggunaan bahan atau penyajian.

    Sangat tidak inovatif.

    Kurang inovatif.

    Cukup inovatif.

    Inovatif.

    Sangat inovatif.

    Kebersihan

    Tingkat kebersihan dalam penyajian dan penanganan produk.

    Sangat tidak bersih.

    Kurang bersih.

    Cukup bersih.

    Bersih.

    Sangat bersih.

     

    Tabel Penilaian (total skor tertinggi 25)

    No

    Nama Kelompok

    Rasa

    Tekstur

    Penampilan

    Inovasi/

    kreativitas

    Kebersihan

    Total Skor

    1

     

     

     

     

     

     

     

    2

     

     

     

     

     

     

     

    3

     

     

     

     

     

     

     

    4

     

     

     

     

     

     

     

    5

     

     

     

     

     

     

     

     

    Singkawang, 20 November 2024

    Ttd fasilitator

     



     

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    latihan soal Informatika 2024/2025

    PROJEK P5 KEWIRAUSAHAAN KELAS 9