AKTIVITAS 1 DAN 2 30/10/2024 KEWIRAUSAHAAN

 AKTIVITAS 1 DAN 2 30/10/2024

KEWIRAUSAHAAN

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Dimensi

Elemen

Sub Elemen

1. bernalar kritis

Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya

2. kreatif

Menghasilkan gagasan orisinal, menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

Menghasilkan gagasan yang orisinal, menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

3. Gotong royong

kolaborasi

Kerja sama, komunikasi untuk mencapai tujuan bersama

 

Tahap 1: Pengenalan Konsep Kewirausahaan (2JP)

  1. Definisi dan Pentingnya Kewirausahaan

*     Guru membuka pembelajaran

*     Guru mengabsen siswa

*     Guru memberikan pemantik “pernahkan kalian mendengar kata wirausaha?”

*     Guru meminta siswa mencari di internet data yang telah ditentukan, dan siswa membuat dalam bentuk ringkasan ataupun peta konsep.

*     siswa diminta mencari dan mencatat pengetahuan melalui browsing HP tentang pengertian kewirausahaan, peran kewirausahaan dalam perekonomian dan contoh kewirausahaan sukses dan dampaknya.

  1. Karakteristik Wirausahawan

*     siswa diminta mencari dan mencatat pengetahuan ciri-ciri wirausahawan sukses (kreativitas, inovasi, ketekunan, keberanian mengambil risiko).

*     Diskusi tentang karakteristik wirausahawan dalam kehidupan sehari-hari bersama teman sebangku.

Tahap 2: Ide dan Peluang Usaha (2 JP)

  1. Identifikasi Peluang Usaha

*     siswa dibagi kelompok, mencari dan mencatat cara menemukan dan mengevaluasi peluang usaha dan Analisis kebutuhan pasar dan tren saat ini.

  1. Pengembangan Ide Kreatif

*     siswa berkelompok membahas tugas dengan teknik brainstorming untuk mencari cara mengembangkan ide usaha.

*     Diskusi kelompok untuk mengevaluasi dan memilih ide yang paling potensial.

AKTIVITAS 2

Tahap 3: Dasar-Dasar Perencanaan Usaha 2JP)

  1. Rencana Bisnis Sederhana

*     siswa berkelompok mencari data Elemen-elemen dasar rencana bisnis (produk/jasa, pasar, strategi pemasaran, keuangan), cara menyusun rencana bisnis sederhana.

  1. Pengelolaan Keuangan Dasar

*     siswa berkelompok mencari pengenalan tentang pengelolaan keuangan usaha, pentingnya pencatatan keuangan dan perencanaan anggaran.

Tahap 4: Pemasaran dan Presentasi (2JP)

  1. Strategi Pemasaran Dasar

*     siswa berkelompok mencari dan membahas pengenalan konsep dasar pemasaran beserta cara mempromosikan produk/jasa secara efektif.

  1. Presentasi Ide Usaha

*     Teknik dasar presentasi yang efektif.

*     Siswa mempresentasikan  ide usaha di depan kelas atau kelompok

Pengertian Kewirausahaan

Dalam Inpres RI Nomor 4 Tahun 1995, definisi kewirausahaan adalah semangat, sikap, prilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha, atau kegiatan yang mengarah ke upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru, dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa pengertian kewirausahaan (entrepreneurship) adalah proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (secara kreatif), dan sesuatu yang berbeda (hasil inovasi) yang bermanfaat dan memberi nilai lebih pada suatu jenis barang maupun jasa.

Brainstorming

adalah kegiatan berkelompok yang mana pesertanya saling berbagai ide mengenai suatu topik atau permasalahan. Pelaksanaan brainstorming membantu peserta mengekspresikan berbagai ide yang dimilikinya untuk kemudian dicatat. Dikutip dari buku Pengajar Profesional: Teori dan Konsep (2021) karya Anita Purba, dkk, brainstorming membantu anggota kelompok untuk berani menyumbangkan atau menanggapi ide yang ada.

Tujuan brainstorming

Tujuan pelaksanaan brainstorming adalah mengumpulkan berbagai pendapat, informasi, ataupun pengalaman, untuk kemudian dijadikan peta informasi atau peta gagasan. Selain itu, brainstorming juga dilakukan supaya seseorang berani mengeluarkan ide atau gagasan yang dimilikinya. Brainstorming juga bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Tentunya dalam melakukan aktivitas ini, peserta atau anggota kelompok diharapkan bisa berdiskusi dan akhirnya menentukan peta gagasan yang disepakati bersama.

Cara melakukan brainstorming Dalam buku Sukses menjadi Sales Supervisor Hebat (2012) karya Frans M. Royan, disebutkan lima cara mudah melakukan brainstorming. Cara tersebut adalah: Secara individual, lakukan penggalian ide atau gagasan yang terpikirkan. Tulis semuanya dalam kertas, tanpa terkecuali. Kualitas ide bukanlah hal utama, tapi tekankan pada sejumlah ide yang muncul di pikiran. Ungkapkan ide tersebut di hadapan teman sekelompok. Usahakan jangan mengkritik ide milik orang lain, namun dengarkan terlebih dahulu semua penjelasan yang berkaitan dengan idenya tersebut. Kumpulkan semua ide dan catat di kertas. Kemudian kembangkan ide dengan mendengarkan pendapat atau saran dari anggota kelompok lainnya. Setelah itu tanyakan kepada anggota kelompok, ide apa yang disepakati. Jangan lupa untuk menanyakan alasannya pula. Buat peta gagasan atau peta informasi dari ide yang telah dikumpulkan dalam kelompok.

No

Nama Siswa

Keseluruhan Konsep(1-20)

Hubungan antara Konsep (1-20)

Kejelasan Visual

(1-20)

Kelengkapan Kreativitas

(1-20)

Total Skor

1

2

3

4

5

6

 

Kriteria Penilaian Peta Konsep:

  1. Keseluruhan Konsep: Peta konsep harus merangkumi semua konsep utama yang berkaitan dengan topik yang dibincangkan.
  2. Hubungan Antara Konsep: Peta konsep harus menunjukkan hubungan yang jelas antara konsep-konsep tersebut, menggunakan garis atau anak panah.
  3. Kejelasan Visual: Peta konsep harus disusun dengan kemas dan mudah dibaca, menggunakan warna atau simbol untuk membezakan antara konsep-konsep.
  4. Kelengkapan: Semua maklumat penting harus disertakan tanpa ada yang tertinggal.
  5. Kreativiti: Peta konsep harus menunjukkan kreativiti dalam cara maklumat disusun dan dipersembahkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

aktivitas 10 kewirausahaan

latihan soal Informatika 2024/2025

PROJEK P5 KEWIRAUSAHAAN KELAS 9