AKTIVITAS 1 DAN 2 30/10/2024 KEWIRAUSAHAAN
AKTIVITAS 1 DAN 2 30/10/2024
KEWIRAUSAHAAN
PROJEK
PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Dimensi |
Elemen |
Sub Elemen |
1. bernalar kritis |
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran |
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan
prosedurnya |
2. kreatif |
Menghasilkan gagasan orisinal,
menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal |
Menghasilkan gagasan yang orisinal,
menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal |
3. Gotong royong |
kolaborasi |
Kerja sama, komunikasi untuk mencapai tujuan
bersama |
Tahap
1: Pengenalan Konsep Kewirausahaan (2JP)
- Definisi dan
Pentingnya Kewirausahaan
Guru
membuka pembelajaran
Guru
mengabsen siswa
Guru
memberikan pemantik “pernahkan kalian mendengar kata wirausaha?”
Guru
meminta siswa mencari di internet data yang telah ditentukan, dan siswa membuat
dalam bentuk ringkasan ataupun peta konsep.
siswa
diminta mencari dan mencatat pengetahuan melalui browsing HP tentang pengertian
kewirausahaan, peran kewirausahaan dalam perekonomian dan contoh kewirausahaan
sukses dan dampaknya.
- Karakteristik
Wirausahawan
siswa
diminta mencari dan mencatat pengetahuan ciri-ciri wirausahawan sukses
(kreativitas, inovasi, ketekunan, keberanian mengambil risiko).
Diskusi
tentang karakteristik wirausahawan dalam kehidupan sehari-hari bersama
teman sebangku.
Tahap
2: Ide dan Peluang Usaha (2 JP)
- Identifikasi
Peluang Usaha
siswa
dibagi kelompok, mencari dan mencatat cara menemukan dan mengevaluasi
peluang usaha dan Analisis kebutuhan pasar dan tren saat ini.
- Pengembangan
Ide Kreatif
siswa
berkelompok membahas tugas dengan teknik brainstorming untuk mencari cara
mengembangkan ide usaha.
Diskusi
kelompok untuk mengevaluasi dan memilih ide yang paling potensial.
AKTIVITAS
2
Tahap
3: Dasar-Dasar Perencanaan Usaha 2JP)
- Rencana
Bisnis Sederhana
siswa
berkelompok mencari data Elemen-elemen dasar rencana bisnis (produk/jasa,
pasar, strategi pemasaran, keuangan), cara menyusun rencana bisnis sederhana.
- Pengelolaan
Keuangan Dasar
siswa
berkelompok mencari pengenalan tentang pengelolaan keuangan usaha,
pentingnya pencatatan keuangan dan perencanaan anggaran.
- latihan soal latihan soal
individu materi projek kewiraushaan
Tahap
4: Pemasaran dan Presentasi (2JP)
- Strategi
Pemasaran Dasar
siswa
berkelompok mencari dan membahas pengenalan konsep dasar pemasaran beserta
cara mempromosikan produk/jasa secara efektif.
- Presentasi
Ide Usaha
Teknik
dasar presentasi yang efektif.
Siswa
mempresentasikan ide usaha di depan
kelas atau kelompok
Pengertian
Kewirausahaan
Dalam
Inpres RI Nomor 4 Tahun 1995, definisi kewirausahaan adalah semangat, sikap,
prilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha, atau kegiatan yang mengarah
ke upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk
baru, dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang
lebih baik dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.
Dengan
demikian, bisa disimpulkan bahwa pengertian kewirausahaan (entrepreneurship)
adalah proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (secara kreatif), dan sesuatu
yang berbeda (hasil inovasi) yang bermanfaat dan memberi nilai lebih pada suatu
jenis barang maupun jasa.
Brainstorming
adalah
kegiatan berkelompok yang mana pesertanya saling berbagai ide mengenai suatu
topik atau permasalahan. Pelaksanaan brainstorming membantu peserta
mengekspresikan berbagai ide yang dimilikinya untuk kemudian dicatat. Dikutip
dari buku Pengajar Profesional: Teori dan Konsep (2021) karya Anita Purba, dkk,
brainstorming membantu anggota kelompok untuk berani menyumbangkan atau
menanggapi ide yang ada.
Tujuan
brainstorming
Tujuan
pelaksanaan brainstorming adalah mengumpulkan berbagai pendapat, informasi,
ataupun pengalaman, untuk kemudian dijadikan peta informasi atau peta gagasan.
Selain itu, brainstorming juga dilakukan supaya seseorang berani mengeluarkan
ide atau gagasan yang dimilikinya. Brainstorming juga bertujuan untuk
menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Tentunya dalam melakukan aktivitas
ini, peserta atau anggota kelompok diharapkan bisa berdiskusi dan akhirnya
menentukan peta gagasan yang disepakati bersama.
Cara
melakukan brainstorming Dalam buku Sukses menjadi Sales Supervisor Hebat (2012)
karya Frans M. Royan, disebutkan lima cara mudah melakukan brainstorming. Cara
tersebut adalah: Secara individual, lakukan penggalian ide atau gagasan yang
terpikirkan. Tulis semuanya dalam kertas, tanpa terkecuali. Kualitas ide
bukanlah hal utama, tapi tekankan pada sejumlah ide yang muncul di pikiran.
Ungkapkan ide tersebut di hadapan teman sekelompok. Usahakan jangan mengkritik
ide milik orang lain, namun dengarkan terlebih dahulu semua penjelasan yang
berkaitan dengan idenya tersebut. Kumpulkan semua ide dan catat di kertas.
Kemudian kembangkan ide dengan mendengarkan pendapat atau saran dari anggota
kelompok lainnya. Setelah itu tanyakan kepada anggota kelompok, ide apa yang
disepakati. Jangan lupa untuk menanyakan alasannya pula. Buat peta gagasan atau
peta informasi dari ide yang telah dikumpulkan dalam kelompok.
No |
Nama
Siswa |
Keseluruhan
Konsep(1-20) |
Hubungan
antara Konsep (1-20) |
Kejelasan
Visual (1-20) |
Kelengkapan
Kreativitas (1-20) |
Total
Skor |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
6 |
Kriteria
Penilaian Peta Konsep:
- Keseluruhan
Konsep: Peta konsep harus merangkumi semua
konsep utama yang berkaitan dengan topik yang dibincangkan.
- Hubungan
Antara Konsep: Peta konsep harus menunjukkan
hubungan yang jelas antara konsep-konsep tersebut, menggunakan garis atau
anak panah.
- Kejelasan
Visual: Peta konsep harus disusun dengan
kemas dan mudah dibaca, menggunakan warna atau simbol untuk membezakan
antara konsep-konsep.
- Kelengkapan:
Semua maklumat penting harus disertakan tanpa ada yang tertinggal.
- Kreativiti:
Peta konsep harus menunjukkan kreativiti dalam cara maklumat disusun dan
dipersembahkan.
Komentar