Contoh artikel Ilmiah Populer

Artikel ilmiah populer

Artikel ilmiah populer merupakan salah satu jenis karya tulis yang biasa ditemukan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Artikel ilmiah populer tidak berbeda jauh dengan karya ilmiah lainnya. Terdapat ciri-ciri artikel ilmiah populer yang perlu diketahui dalam penulisan.

Disebut artikel ilmiah populer karena ditulis dengan menggunakan gaya bahasa yang populer dan bukan untuk keperluan akademik, melainkan untuk dikomunikasikan kepada publik melalui media massa.

Ciri-ciri Artikel Ilmiah Populer

rtikel ilmiah populer adalah tulisan ilmiah yang yang disajikan dengan bahasa yang populer (lebih santai, menaik, dan mudah dipahami).
Berbeda dengan artikel pada umumnya, artikel ilmiah populer tentu memiliki ciri-ciri khusus yang harus diperhatikan. Terdapat empat ciri yang harus diperhatikan dalam artikel ilmiah populer. Berikut penjelasan mengenai ciri-ciri artikel ilmiah populer.

1. Ada Pendapat Penulis

Pendapat merupakan sudut pandang atau penilaian penulis tentang suatu hal.

2. Ada Bukti

Pernyataan diikuti bukti-bukti ilmiah yang mendukung pendapat penulis. Bukti ini harus bisa dibuktikan kebenarannya.

3. Ada Alasan

Alasan berupa penjelasan tentang pernyataan dan bukti-bukti. Sebuah artikel ilmiah populer kadang disertai dengan keterangan ilmiah.

4. Bahasa Mudah Dipahami

Artikel ilmiah populer menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami. Populer berarti disukai karena mudah dipahami oleh banyak orang dan kalangan.

Struktur Artikel Ilmiah Populer

Selain memperhatikan ciri-ciri artikel ilmiah populer, sebelum menulisnya, perlu juga memperhatikan struktur dari artikel ilmiah populer. Struktur dari artikel ilmiah populer cukup singkat, padat dan jelas. Berikut adalah penjelasan struktur artikell ilmiah populer.

  1. Judul

Umumnya lebih sederhana dan menarik, tapi tetap harus

mencerminkan isi teks.

2. Pendahuluan

Merupakan bagian yang menjelaskan tentang pengenalan

atau pembukaan dari artikel ilmiah populer. Dalam bagian ini

penulis perlu menjelaskan latar belakang dan metode yang

digunakan dalam membuat artikel ilmiah populer tersebut

3. IsI

Dalam struktur ini berisi pandangan dan analisis penulis

mengenai topik yang dibahas. Biasanya penulis akan

menambahkan beberapa argumen dari para ahli dan data

yang mendukung suatu penulisan.

4. Penutup

Berisi kesimpulan penulis tentang suatu topik yang sudah

dianalisis. Penulis juga bisa menyelipkan kritik dan saran

yang akan mengatasi berbagai permasalahan yang sedang

dikaji atau diteliti.



contoh teks artikel ilmiah populer

Interaksi Peserta Didik Difabel di Sekolah Inklusi

        Dikutip dari laman halodoc.com, difabel adalah bentuk halus untuk menggambarkan kondisi seseorang yang mengalami disabilitas atau keterbatasan, baik dari segi fisik, mental, maupun intelektual.

        Mereka disebut difabel karena mempunyai kemampuan yang berbeda dibanding anak-anak lainnya. Jadi, sekolah inklusi memberikan layanan khusus terhadap peserta didik difabel dalam berinteraksi. 

        Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prasetyo (2010: xv), interaksi terhadap peserta didik difabel dapat dilakukan dengan interaksi simbolik atau interaksi menggunakan simbol-simbol, seperti dengan puzzle, gambar, dan simbol-simbol pendukung lainnya. Membicarakan interaksi peserta didik difabel di sekolah inklusi merupakan sesuatu yang menarik. Peserta didik difabel adalah peserta didik yang mengalami keterbatasan, baik dari segi fisik maupun mental. eserta didik difabel sudah selayaknya mendapat layanan khusus saat berinteraksi di sekolah inklusi. Layanan ini seharusnya tidak hanya datang dari guru pendamping, tetapi juga dari semua pihak yang ada di sekolah.

        Guru-guru yang bukan guru pendamping, peserta didik yang bukan peserta didik difabel, petugas perpustakaan, penjaga keamanan sekolah, pemilik kantin, sampai masyarakat sekitar sekolah juga harus mendukung layanan interaksi khusus untuk peserta didik difabel.Jika sewaktu-waktu peserta didik difabel keluar dari sekolah dengan alasan apa pun, masyarakat diharapkan memperlakukan mereka dengan baik. Artinya, semua pihak saling bersinergi menerima keberadaan peserta didik difabel di sekolah inklusi.

        Apabila sudah ada interaksi yang baik antara peserta didik difabel dan semua pihak di sekolah inklusi, mereka akan merasa nyaman di sekolah. Dengan demikian, kemungkinan mereka juga dapat meraih prestasi dan mengharumkan nama sekolah, seperti peserta didik yang lain.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    aktivitas 10 kewirausahaan

    latihan soal Informatika 2024/2025

    PROJEK P5 KEWIRAUSAHAAN KELAS 9