ASESMEN SUMATIF AKHIRKISI-KISI BAHASA INDONESIA KELAS XI
YAYASAN MAKARIM EL AKHLAK SINGKAWANG
MADRASAH TSANAWIYAH MAKARIM EL AKHLAK
TAHUN PELAJARAN 2024/2025
NSM
: 131261720002 NPSN : 10816442
ASESMEN SUMATIF AKHIR TAHUN (ASAT)
TAHUN AJARAN 2024/2025
KISI-KISI BAHASA INDONESIA KELAS XI
No. soal |
Tujuan Pembelajaran |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Kunci |
1 |
Mengidentifikasi tema dalam puisi |
Puisi |
Peserta didik dapat menjelaskan tema dalam puisi |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
c. Ide pokok atau gagasan utama yang mendasari puisi |
2 |
Mengidentifikasi pesan dalam puisi |
Puisi |
Peserta didik dapat menemukan pesan dalam puisi |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
d. Mencari makna mendalam dari setiap bait |
3 |
Memahami konteks sosial puisi |
Puisi |
Peserta didik dapat menganalisis konteks sosial dan budaya dalam puisi |
C4 (Menganalisis) |
Pilihan Ganda |
c. Konteks sosial dan budaya yang melatarbelakangi puisi |
4 |
Mengidentifikasi pesan moral dalam puisi |
Puisi |
Peserta didik dapat mengidentifikasi cara penyampaian
pesan moral |
C3 (Menerapkan) |
Pilihan Ganda |
b. Imaji dan simbol |
5 |
Menjelaskan peran diksi dalam puisi |
Puisi |
Peserta didik dapat menjelaskan peran diksi dalam puisi |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
c. Membantu mengungkapkan emosi dan makna yang mendalam |
6 |
Mengidentifikasi majas dalam puisi |
Puisi |
Peserta didik dapat mengidentifikasi majas yang
menonjol dalam puisi |
C4 (Menganalisis) |
Pilihan Ganda |
c. Repetisi |
7 |
Menginterpretasi pesan dalam puisi |
Puisi |
Peserta didik dapat menginterpretasi pesan tersirat dalam puisi |
C4 (Menganalisis) |
Pilihan Ganda |
e. Menggunakan waktu dengan baik karena waktu tidak bisa diulang |
8 |
Memahami makna kata dalam puisi |
Puisi |
Peserta didik dapat memahami makna kata dalam puisi |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
d. Tidak kekal |
9 |
Menjelaskan peran majas dalam puisi |
Puisi |
Peserta didik dapat menjelaskan peran majas dalam puisi |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
c. Memberi kedalaman makna dan memperkuat emosi |
10 |
Menjelaskan struktur fisik puisi |
Puisi |
Peserta didik dapat menjelaskan struktur fisik puisi |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
c. Rima |
11 |
Membandingkan puisi dan prosa |
Puisi dan Prosa |
Peserta didik dapat membedakan puisi dan prosa |
C4 (Menganalisis) |
Pilihan Ganda |
d. Puisi terikat oleh struktur dan rima, sementara prosa lebih bebas |
12 |
Memahami tujuan dialog dalam drama |
Drama |
Peserta didik dapat menjelaskan tujuan dialog dalam drama |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
b. Menyampaikan konflik dan alur cerita |
13 |
Mengidentifikasi unsur dalam prosa dan puisi |
Prosa dan Puisi |
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur yang ada dalam prosa dan puisi |
C4 (Menganalisis) |
Pilihan Ganda |
c. Tokoh |
14 |
Menjelaskan karakteristik drama |
Drama |
Peserta didik dapat menjelaskan karakteristik drama |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
c. Drama ditujukan untuk dipentaskan |
15 |
Mengidentifikasi unsur menonjol dalam puisi |
Puisi |
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur yang menonjol dalam puisi |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
b. Tema dan simbolisme |
16 |
Memahami unsur pembangun drama |
Drama |
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur pembangun
drama |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
c. Setting |
17 |
Menyampaikan karakter tokoh dalam drama |
Drama |
Peserta didik dapat menjelaskan cara penyampaian karakter tokoh |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
b. Melalui dialog dan tindakan |
18 |
Memahami peran konflik dalam drama |
Drama |
Peserta didik dapat menjelaskan peran konflik dalam
drama |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
c. Membangun ketegangan dan menggerakkan alur cerita |
19 |
Menjelaskan peran tema dalam drama |
Drama |
Peserta didik dapat menjelaskan peran tema dalam drama |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
c. Menjadi dasar pengembangan cerita dan tokoh |
20 |
Mengidentifikasi unsur pembangun drama |
Drama |
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur pembangun
drama |
C4 (Menganalisis) |
Pilihan Ganda |
c. Alur |
21 |
Memahami pentingnya latar belakang penyair |
Puisi |
Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya latar belakang penyair |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
b. Untuk memahami konteks dan makna yang lebih dalam |
22 |
Mengajarkan perbedaan puisi dan prosa |
Puisi dan Prosa |
Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan antara puisi
dan prosa |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
d. Membandingkan struktur dan penggunaan bahasa |
23 |
Memahami pentingnya setting dalam drama |
Drama |
Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya setting dalam drama |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
c. Untuk menciptakan suasana yang tepat dan mendukung cerita |
24 |
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi |
Puisi |
Peserta didik dapat menjelaskan keuntungan
mengidentifikasi unsur intrinsik |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
c. Memahami makna dan pesan yang ingin disampaikan
penyair |
25 |
Menghubungkan tema puisi dengan pengalaman pribadi |
Puisi |
Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya menghubungkan tema dengan
pengalaman pribadi |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
c. Untuk membuat puisi lebih relevan dan bermakna secara pribadi |
26 |
Memahami tema dalam puisi |
Tema |
Mengidentifikasi tema puisi |
Pemahaman (C2) |
Menjodohkan |
F |
27 |
Memahami struktur alur dalam teks |
Alur |
Menyebutkan jenis alur |
Pemahaman (C2) |
Menjodohkan |
C |
28 |
Mengidentifikasi setting dalam teks |
Setting |
Menentukan setting dalam teks |
Pemahaman (C2) |
Menjodohkan |
G |
29 |
Menggunakan kata ganti dalam teks |
Kata ganti |
Memilih kata ganti yang tepat |
Pemahaman (C2) |
Menjodohkan |
A |
30 |
Memahami unsur sosial dalam puisi |
Unsur ekstrinsik puisi |
Menentukan unsur sosial dari puisi |
Pemahaman (C2) |
Menjodohkan |
E |
31 |
Memahami sifat informasi pada pamflet |
Pamflet |
Menjelaskan sifat informasi dalam pamflet |
Pemahaman (C2) |
Isian Singkat |
Persuasif |
32 |
Mengidentifikasi sikap penyair |
Nada |
Menjelaskan sikap penyair terhadap pembaca |
Pemahaman (C2) |
Isian Singkat |
Nada |
33 |
Menggunakan majas dalam puisi |
Majas simile |
Menjelaskan majas yang digunakan |
Pemahaman (C2) |
Isian Singkat |
Simile |
34 |
Memahami bentuk penulisan puisi |
Tipografi |
Menyebutkan istilah bentuk penulisan puisi |
Pemahaman (C2) |
Isian Singkat |
Tipografi |
35 |
Mengidentifikasi majas dalam puisi |
Majas repetisi |
Menentukan jenis majas dalam puisi |
Pemahaman (C2) |
Isian Singkat |
Repetisi |
Komentar