aktivitas 4 Projek Bhineka Tunggal Ika
Tujuan Projek
Proyek ini bertujuan untuk
memperdalam pemahaman siswa tentang keberagaman budaya Indonesia dan bagaimana
semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" mencerminkan keanekaragaman tersebut.
Melalui aktivitas ini, siswa dapat mengekspresikan kreativitas mereka dalam
membuat buku pop-up yang menggambarkan berbagai aspek budaya dari daerah yang
berbeda di Indonesia.
Aktivitas Sebelum Finishing Pop-Up Book (2 JP)
1. Pembuatan fortopolio
a. Siswa bekerja dalam tim untuk
mengumpulkan informasi dan gambar yang telah mereka teliti terkait budaya dari
daerah yang sudah ditentukan sebelumnya.
b. Setiap tim harus membuatnya di atas kertas folio yang mencakup teks dan foto dokumentasi selama proses
pembuatan proyek.
c. portofolio harus mencakup
elemen-elemen seperti: deskripsi singkat tentang budaya, makna simbol-simbol
budaya, dan dokumentasi aktivitas tim.
1. Presentasi dan Diskusi
a.
Setiap
tim mempresentasikan di depan kelas.
b.
Diskusi
kelompok dilakukan untuk saling berbagi informasi dan memberikan umpan balik
konstruktif.
Rubrik Penilaian Presentasi aktivitas 4
Aspek Penilaian |
Kriteria |
Kelengkapan Portofolio |
7:
Portofolio sangat lengkap, termasuk semua elemen yang diperlukan dan tambahan
informasi yang mendalam. |
5-6:
Portofolio memadai, mencakup sebagian besar elemen yang diperlukan dengan
informasi yang jelas. |
|
3-4:
Portofolio kurang lengkap, beberapa elemen penting hilang atau tidak cukup
rinci. |
|
1-2:
Portofolio sangat tidak lengkap, dengan banyak elemen penting yang hilang. |
|
Kecakapan Presentasi |
7:
Presentasi sangat jelas, terstruktur, dan disampaikan dengan baik, menarik
perhatian audiens. |
5-6:
Presentasi jelas dan terstruktur, tetapi kurang menarik atau mengalami
sedikit gangguan. |
|
3-4:
Presentasi memiliki beberapa kekurangan dalam kejelasan dan struktur, dengan
gangguan yang nyata. |
|
1-2: Presentasi
sangat tidak terstruktur dan sulit dipahami. |
|
Kerja Sama Tim |
6: Tim
bekerja sama dengan sangat baik, setiap anggota berkontribusi secara
seimbang. |
4-5: Kerja
sama cukup baik, meskipun ada ketidakseimbangan kontribusi di antara anggota. |
|
2-3: Kerja
sama kurang efektif, dengan beberapa anggota tidak berkontribusi secara
signifikan. |
|
1: Kerja
sama sangat buruk, dengan ketidakseimbangan kontribusi yang mencolok. |
DAFTAR NILAI
Nama
kelompok Khas |
Kelengkapan
portofolio (1-7) |
Kecakapan
presentasi (1-7) |
Kerja
sama (1-6 |
Total |
1. |
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
Singkawang, 2025 |
|
Fasilitator NIP/NIPPPK: |
Finishing Buku Pop-Up Budaya (5 JP)
1. Penyelesaian Buku Pop-Up
a. Siswa melanjutkan pengerjaan buku
pop-up mereka dengan menambahkan elemen-elemen budaya yang telah mereka teliti.
b. Pastikan setiap halaman buku
pop-up memiliki elemen interaktif yang menggambarkan budaya tertentu.
1. Penghiasan dan Sentuhan
Akhir
a. Menambahkan detail dekoratif pada
buku pop-up untuk memperkuat daya tarik visual.
b. Setiap tim memastikan bahwa buku pop-up mereka berfungsi dengan baik dan setiap elemen dapat bergerak sesuai rencana.
Tabel Penilaian Pop-Up Book
Budaya
Keakuratan Informasi (Skor Maksimal: 10)
10: Informasi sangat akurat, mencakup semua
elemen budaya dengan penjelasan yang mendetail dan benar.
8-9: akurat, mencakup sebagian besar
elemen budaya dengan penjelasan yang tepat.
6-7: Informasi cukup akurat, meskipun
ada beberapa kesalahan kecil dalam elemen budaya.
4-5: Informasi kurang akurat, dengan
beberapa kesalahan signifikan dalam elemen budaya.
1-3:Informasi sangat tidak akurat,
dengan banyak kesalahan dalam elemen budaya.
Kreativitas Pop-Up Book (Skor Maksimal: 10)
10: Desain pop-up sangat kreatif dan inovatif,
dengan penggunaan elemen interaktif yang menarik dan konsisten menggambarkan
budaya.
8-9: Desain pop-up kreatif, dengan
elemen interaktif yang menarik dan menggambarkan budaya dengan baik.
6-7: Desain cukup kreatif, tetapi
elemen interaktif kurang menarik atau tidak konsisten dalam menggambarkan
budaya.
4-5: Desain pop-up kurang kreatif,
dengan elemen interaktif yang sedikit menarik atau tidak menggambarkan budaya
dengan baik.
1-3: Desain sangat tidak kreatif,
dengan elemen interaktif yang tidak menarik atau tidak relevan dengan budaya.
DAFTAR NILAI
Nama
kelompok Khas |
Keakuratan
informasi (1-10) |
Kreativitas (1-10) |
Total |
1. |
|
|
|
2. |
|
|
|
|
Singkawang,
2025 |
|
Fasilitator NIP/NIPPPK: |
Soal Benar-Salah (1JP)
fasilitator langsung menilai di buku siswa
1. Bhinneka Tunggal Ika berarti "Berbeda-beda
tetapi tetap satu". (Benar)
2. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika
berasal dari naskah Nagarakretagama. (Salah)
3. Indonesia hanya memiliki satu
bahasa resmi, yaitu Bahasa Indonesia. (Benar)
4. Setiap daerah di Indonesia
memiliki budaya yang sama. (Salah)
5. Tari Pendet berasal dari Bali.
(Benar)
6. Batik hanya dibuat di Jawa.
(Salah)
7. Rumah adat Toraja dikenal dengan
nama Tongkonan. (Benar)
8. Lagu daerah "Ampar-Ampar
Pisang" berasal dari Sumatera. (Salah)
9. Angklung adalah alat musik yang
berasal dari Jawa Barat. (Benar)
10. Upacara Ngaben adalah ritual
kremasi di Bali. (Benar)
11. Setiap suku di Indonesia memiliki
makanan khasnya masing-masing. (Benar)
12. Reog Ponorogo berasal dari
Kalimantan. (Salah)
13. Tenun ikat adalah kain
tradisional yang ditemukan di Nusa Tenggara Timur. (Benar)
14. Ondel-ondel adalah ikon budaya
dari Sunda. (Salah)
15. Tari Saman dikenal berasal dari
Aceh. (Benar)
16. Kapal pinisi adalah perahu
tradisional Bugis-Makassar. (Benar)
17. Tari Kecak dilakukan di Sumatera
Utara. (Salah)
18. Rendang adalah makanan khas dari
Sumatera Barat. (Benar)
19. Festival Danau Sentani diadakan
di Papua. (Benar)
20. Tari Jaipong adalah tarian
tradisional dari Sulawesi. (Salah)
Komentar