Bab 2 Bahasa Indonesia Iklan, slogan dan poster
Pengertian iklan
Mengutip Kemdikbud RI, iklan adalah teks persuasif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara. Unsur iklan yang ditampilkan adalah gambar, gerak, kata-kata, dan suara.
Iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa. Iklan adalah teks yang mendorong dan membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan
Menurut KBBI, pengertian iklan adalah:
Berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan;
Pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum. adalah:
Bagi perusahaan komersial untuk menjual barang dan jasa.
Bagi orang perorangan untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi.
Bagi pemerintah untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.
Bagi perkantoran untuk merekrut karyawan.
Umumnya iklan bisa ditemukan di media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet.surat kabar, dan internet.
Pengertian slogan
Mengutip Kemdikbud RI, slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan (pegangan hidup); prinsip dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya.
Menurut KBBI, pengertian slogan adalah:
Perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu;
Perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya.
Slogan disebut juga moto atau semboyan. Slogan mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.
Pengertian poster
Mengutip Kemdikbud RI, poster adalah plakat yang dipajang di tempat-tempat umum. Unsur poster adalah kata-kata dan gambar. Menurut KBBI, pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan).
Isi poster mengandung pesan kepada khalayak. Poster hampir sama dengan iklan, yaitu pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap. Poster biasanya ditujukan untuk pemasangan di ruang-ruang terbuka.
Menurut KBBI, pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan). Isi poster mengandung pesan kepada khalayak.
Persamaan iklan, slogan, dan poster adalah: Sama-sama teks persuasif yang mengandung pesan kepada khalayak. Tujuannya sama-sama untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu.
Perbedaan iklan, slogan dan poster Perbedaan iklan, slogan, dan poster adalah: Iklan memadukan unsur gambar dengan kata-kata, gerak, dan suara serta ditemukan di media massa. Slogan mengutamakan unsur kata-kata. Poster mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata serta dipajang di tempat umum.
Komentar